A. VISI DAN MISI
VISI
Turut
berpartisipasi dalam pengembangan intelektual bangsa dengan menyebarkan ilmu
pengetahuan dan informasi melalui model retail
yang berbeda dan pendistribusian buku, ATK, dan produk multimedia, ditandai
dengan pelayanan yang terbaik, manajemen yang proaktif, dan perilaku bisnis
yang tepat.
MISI
1. Untuk menjadi agent of change di
dalam masyarakat yang pluralistic.
2.
Untuk
menjadi pemimpin di dalam retail dan distribusi ilmu pengetahuan, informasi dan
infotainment berbasis media.
3.
Untuk
menyediakan produk-produk yang canggih, inovatif, dan berorientasi pasarA.
B.
PENGEMBANGAN VISI MISI
Visi yang dinyatakan oleh toko buku gramedia
sudah mencerminkan dan menggambarkan tujuan atau impian yang ingin dicapai
perusahaan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang sehingga
menurut saya tidak ada yang perlu dirubah dalam visi maupun misi toko
buku gramedia.
Menurut pearce dan Robinson (2005) menyebutkan
bahwa pernyataan misi yang dibuat perusahaan setidak-tidaknya mengandung tiga
komponen yaitu:
1. Sensitivitas terhadap keinginan
pelanggan.
Pada misi toko buku gramedia sudah
mencantumkan makna keinginan pelanggan yang membutuhkan produk-produk ilmu
pengetahuan yang luas, inovatif dan unggul.
2. Perhatian terhadap masalah mutu dan kualitas.
Pada misi toko buku gramedia secara
eksplisit telah menggambarkan untuk selalu memperbaharui mutu dan kualitasnya
dengan berosientasi pada pasa dan teknologi yang semakin berkembang pada era
modern saat ini.
3. Pernyataaan visi perusahaan
Visi ini dimaknai bahwa Gramedia, tidak hanya memiliki orientasi usaha
pada surat kabar atau toko buku saja. Namun, terkait dengan industri
pengetahuan. Hal ini mengarahkan pada kompetensi yang dimiliki oleh Gramedia
untuk menguatkan pada bisnis pengetahuan yaitu dengan menyediakan prduk buku, stationerry, dsb yang berorientasi
pada pasar, memberikan layanan unggul kepada
pelanggan dan mitra kerja, melakukan inovasi bisnis, melakukan kegiatan bisnis dengan perilaku yang bersih
ini web nya masih aktif gak ya
BalasHapus