A. VISI
Turut
berpartisipasi dalam pengembangan intelektual bangsa dengan menyebarkan ilmu
pengetahuan dan informasi melalui model retail
yang berbeda dan pendistribusian buku, ATK, dan produk multimedia, ditandai
dengan pelayanan yang terbaik, manajemen yang proaktif, dan perilaku bisnis
yang tepat.
MISI
1. Untuk menjadi agent of change di
dalam masyarakat yang pluralistic.
2.
Untuk
menjadi pemimpin di dalam retail dan distribusi ilmu pengetahuan, informasi dan
infotainment berbasis media.
3.
Untuk
menyediakan produk-produk yang canggih, inovatif, dan berorientasi pasar
B. STRATEGI
PERUSAHAAN
Strategi
pemasaran pada Toko Buku Gramedia meliputi empat bauran yaitu, produk, harga,
distribusi dan promosi. Penerapan strategi produk pada Toko Buku Gramedia
dilakukan merlalui diversivikasi dan diferensiasi produk yang dimiliki. Selain
itu, pengadaan produk, proses produksi dan display produk juga menjadi bagian
dalam strategi produk yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia.
Penerapan
strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui faktor-faktor yang
mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis-jenis harga yang digunakan,
metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam penetapan harga pada
toko buku ini.
Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku
Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di
pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran
distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung.
Penerapan
strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui media promosi
periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, promosi penjualan
melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi
penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour, persentasi tidak
langsung terhadap konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar