Senin, 04 Januari 2016

ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN PT GRAMEDIA ASRI MEDIA






 
ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN
PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA


Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Strategi
Dosen Pengampu Bu Rini

Disusun oleh :
                                       1.      Siti Awaliyah                            7311413086
                                       2.      Virellia Cahya Disti                 7311413246
                                       3.      Rony Karunia R                      7311411147
Manajemen SDM B 2013



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015







BAB 1
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia usaha di era globalisasi ini sangatlah pesat, persaingan antar perusahan dengan kompetitor semakin ketat. Apalagi kemajuan teknologi yang sangat mendukung kemajuan dan kesuksesan suatu usaha. Untuk menjadi yang terbaik sebuah perusahaan tidak akan pernah lepas dari pemasaran. Pemasaran modern tidak hanya sekedar memasarkan produknya yang bagus, menetapkan harga yang menarik dan membuat produk terjangkau oleh konsumen, tetapi perusahaan juga harus berkomunikasi dengan konsumen. Komunikasi tersebut dapat dilakukan perusahaan melalui kegiatan promosi.
Tak bisa dipungkiri bahwa distribusi merupakan mata rantai yang lemah dalam dunia bisnis di Indonesia. Penerbit dan percetakan saja tidaklah cukup untuk dapat mendistribusikan produk secara merata ke seluruh pelosok tanah air. Itulah sebabnya Kelompok Kompas - Gramedia (KKG) mendirikan jaringan toko buku, dengan maksud memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari jaringan distribusi yang ada.
Dalam kasus ini, penyusun mengambil studi kasus pada PT Gramedia Asri Media untuk dianalisis bagaimana pihak manajemen melakukan strateginya. Dibawah ini akan dibahas bagaimana kegiatan manajemen strategiknya.

B.       RUMUSAN MASALAH
1.    Apa visi, misi dan strategi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
2.    Bagaimana pengembangan visi, misi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
3.     Mengidentifikasi peluang dan tantangan ?
4.    Bagaimana matrik EFE nya?
5.    Bagaimana competitive profit matrik dari PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
6.    Apa saja kelemahan dan kekuatan dari PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
7.    Bagaimana matrik IFE nya?
8.    Bagaimana analisis SWOT dan BCG nya ?
9.    Apa rekomendasi strategi spesifik dan tujuan jangka panjang untuk PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA? 
10.  Apa spesifikasi rekomendasi yang bisa diterapkan pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA? 
11.  Bagaimana rekomendasi tujuan tahunan yang spesifik pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA? 
12.  Bagaimana rekomendasi tahapan review dan evaluasi strategic pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?





BAB II
PEMBAHASAN
1.      IDENTIFIKASI MISI, VISI, TUJUAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN
A.    VISI
Turut berpartisipasi dalam pengembangan intelektual bangsa dengan menyebarkan ilmu pengetahuan dan informasi melalui model retail yang berbeda dan pendistribusian buku, ATK, dan produk multimedia, ditandai dengan pelayanan yang terbaik, manajemen yang proaktif, dan perilaku bisnis yang tepat.
MISI
1.      Untuk menjadi agent of change di dalam masyarakat yang pluralistic.
2.      Untuk menjadi pemimpin di dalam retail dan distribusi ilmu pengetahuan, informasi dan infotainment berbasis media.
3.      Untuk menyediakan produk-produk yang canggih, inovatif, dan berorientasi pasar

B.     STRATEGI PERUSAHAAN
Strategi pemasaran pada Toko Buku Gramedia meliputi empat bauran yaitu, produk, harga, distribusi dan promosi. Penerapan strategi produk pada Toko Buku Gramedia  dilakukan merlalui diversivikasi dan diferensiasi produk yang dimiliki. Selain itu, pengadaan produk, proses produksi dan display produk juga menjadi bagian dalam strategi produk yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia. 
Penerapan strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis-jenis harga yang digunakan, metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam penetapan harga pada toko buku ini.
 Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung.
Penerapan strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, promosi penjualan melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour, persentasi tidak langsung terhadap konsumen.

2.      PENGEMBANGAN VISI MISI
Visi yang dinyatakan oleh toko buku gramedia sudah mencerminkan dan menggambarkan tujuan atau impian yang ingin dicapai perusahaan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang sehingga menurut kelompok kami tidak ada yang perlu dirubah dalam visi maupun misi toko buku gramedia.
Menurut pearce dan Robinson (2005) menyebutkan bahwa pernyataan misi yang dibuat perusahaan setidak-tidaknya mengandung tiga koponen yaitu:
1.      Sensitivitas terhadap keinginan pelanggan.
Pada misi toko buku gramedia sudah mencantumkan makna keinginan pelanggan yang membutuhkan produk-produk ilmu pengetahuan yang luas, inovatif dan unggul.
2.      Perhatian terhadap masalah mutu dan kualitas.
Pada misi toko buku gramedia secara eksplisit telah menggambarkan untuk selalu memperbaharui mutu dan kualitasnya dengan berosientasi pada pasa dan teknologi yang semakin berkembang pada era modern saat ini.
3.      Pernyataaan visi perusahaan
Visi ini dimaknai bahwa Gramedia, tidak hanya memiliki orientasi usaha pada  surat kabar atau toko buku saja. Namun, terkait dengan industri pengetahuan. Hal ini mengarahkan pada kompetensi yang dimiliki oleh Gramedia untuk menguatkan pada bisnis pengetahuan yaitu dengan menyediakan prduk buku, stationerry, dsb yang berorientasi pada pasar, memberikan layanan unggul kepada pelanggan dan mitra kerja, melakukan inovasi bisnis,  melakukan kegiatan bisnis dengan perilaku yang bersih

David (2007:64) memperluas komponen misi dengan menyebutkan bahwa terdapat Sembilan karakteristik yang harus terangkum dalam suau misi perusahaan, dank arena misi perusahaan merupakan bagian dari proses strategic management yang akan dipublikasi kepada masyarakat, maka misi perusahaan sebaiknya mencakup kesembilan komponen pokok tersebut, yang terdiri dari:
1.      Customer – secara tertulis pada misi gramedia sudah menyebutkan siapa yang menjadi pelanggan bagi produknya.
2.      Product or services -  pada misi gramedia telah disebutkan yaitu untuk menjadi pemimpin di dalam reatail dan distribusi ilmu pengetahuan, maka telah jelas disebutkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
3.      Markets -  pada misi gramedia telah disebutkan pada pasar dan distribusi ilmu pengetahuanlah perusahaan akan bersaing.
4.      Technology – pernyataan misi gramedia telah menentukan arah pengembangan teknologi yang canggih dan berorientasi pada pasar.
5.      Concern for survival, growth and profitability – pernyataan misi gramedia secara eksplisit telah menyatakan komitmen perusahaan terhadap kelangsungan hisup perusahaan, pertumbuhan dan kemampuan untuk menghasilkan laba dengan selalu menyediakan produk yang canggih, inovatif dan berorientasi pada pasar.
6.      Philosophy -  pada misi gramedia belum menjelaskan kepercayaan, nilai, aspirasi, dan prioritas etis dari perusahaan.
7.      Self-cocept – dalam pernyataan misi gramedia telah dijelaskan apa yang menjadi kompetensi unggulan dari perusahaan disbanding pesaingnya yaitu berupa pendistribusian ilmu pengetahuan, informasi dan infotainment yang berbasis media.
8.      Concern for public image – pada pernyataan visi gramedia belum dijelaskan mengenai perusahaan yang memiliki respon terhadap masalah-masalah social kemasyarakatan maupun tearhadap masalah lingkungan. Sebaiknya perusahaan juga mencantumkan adanya program CSR yang bisa merespon masalah social masyarakat.
9.      Concern for employees – pada misi gramedia belum menunjukkan apakah karyawan merupakan aset yang beerharga bagi perusahaan. Sebaiknya perusahaan memcantumkan kepeduliaannya terhadap karyawan sehingga karyawan merasa dihargai.

3.      IDENTIFIKASI PELUANG DAN ANCAMAN EKSTERNAL PERUSAHAAN
A.    PELUANG
Ø  Toko Gramedia dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota kecil
Ø  Dapat mengembangkan bisnisnya seperti menjual barang elektronik
Ø  Dapat menarik penulis atau penerbit dalam negeri untuk meningatkan kegemaran menulis dan membaca di Indonesia
Ø  Sering mengadakan even book fair untuk meningkatkan penjualan
Ø  Lebih meningkatkan lagi pelayanan
B.     ANCAMAN
Ø  Harga buku bajakan lebih murah di banding harga buku di Gramedia
Ø  Persaingan dengan toko lain yang menawarkan beberapa fasilitas
Ø  Persaingan perusahaan buku secara online ( amazon.com , kaskus.com )

4.      EFE MATRIKS

KEY EXTERNAL FACTOR (OPPORTUNTY)
WEIGHT
RAT
WEIGHT SCORES
COMMENTS
Dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota kecil
0,20
4
0,80
Memperbanyak cabang
Dapat mengembangkan bisnisnya seperti menjual laptop
0,15
2
0,30
Diversifikasi produk
Dapat menarik penulis dan penerbit dalam negeri
0,15
3
O,45
Membangun relasi
Lebih sering mengadakan even book fair untuk meningkatkan penjualan
0,15
4
0,60
Meningkatkan
penjualan
Lebih meningkatkan lagi pelayanan
0,10
3
0,30
Pelayanan prima

KEY EXTERNAL FAKTOR (THREAT)
WEIGHT
RAT
WEIGHT SCORES
COMMENTS
Harga buku-buku bajakan lebih murah
0,08
4
0,32
Persaingan harga
Persaingan dengan took buku lain
0,08
3
0,24

Persaingan toko buku online dengan kaskus.com dan amazone.com
0,09
4
0,32
Penjualan yang inovatif
TOTAL SCORES
1,00

3,37


5.      KOMPETITIF KOMPLEKS MATRIKS

FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN PENTING
BOBOT
GRAMEDIA
GUNUNG AGUNG
TOGAMAS


PERINGKAT
SKOR
PERINGKAT
SKOR
PERINGKAT
SKOR
Iklan
0,10
4
0,80
3
0,60
3
0,50
Kualitas Produk
0,20
3
0,60
1
0,40
2
0,30
Daya Saing Harga
0,15
1
0,20
2
0,30
2
0,40
Manajemen
0,10
2
0,40
2
0,30
1
0,20
Posisi Keuangan
0,10
2
0,30
1
0,20
1
0,10
Loyalitas Konsumen
0,15
4
0,70
2
0,40
3
0,50
Ekspansi Global
0,10
2
0,30
1
0,20
1
0,10
Pangsa Pasar
0,10
3
0,50
2
0,40
2
0,30

1

3,8

2,8

2,4
              
Kami memilih toko buku Gunung Agung karena menurut kelompok kami TB Gunung Agung dapat memberikan kebutuhan pelanggan akan kebutuhan ilmu pengetahuan yang cukup menarik dan TB gunung agung juga telah berdiri sejak  50 tahun dan menjadi perintis toko buku di Indonesia yang sampai saat ini gerai nya masih eksis dikunjungi banyak pelanggan. Sedangkan kami memilih toko buku Togamas sebagai pembanding yang kedua karena TB ini memiliki kemenarikan tersendiri dengan strategi bisnisnya dalam menarik pelanggan yaitu dengan menyediakan buku-buku dengan harga murah dan diskon pada semua jenis buku yang dijual, pemilihan positioning sebagai ‘Toko buku diskon’ dan ‘toko bukunya mahasiswa’, bahkan berani memberikan jaminan “diskon seumur hidup”. Hal inilah yang membuat TB togamas memiliki daya tarik tersendiri akan bisnisnya.

6.      IDENTIFIKASI KEKUATAN DAN KELEMAHAN
A.    KEKUATAN
Ø  Memiliki jaringan yang luas
Ø  Memiliki koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
Ø  Memiliki koleksi buku yang cukup lengkap
Ø  Menjual barang-barang selain buku seperti ATK
Ø  Toko luas dan nyaman
Ø  Tersedia tempat parkir yang luas
Ø  Pelayanan yang ramah dari karyawan
Ø  Memiliki fasilitas pelayanan pemesanan buku secara online
Ø  Sangat selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
Ø  Memiliki beberapa anak perusahaan
B.     KELEMAHAN
Ø  Toko hanya ada di kota-kota besar
Ø  Harga relatif mahal
Ø  Harga buku impor tergantung kurs dolar
Ø  Toko buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman


7.      MATRIKS INTERNAL

KEY INTERNAL FACTOR (STRENGTH)
WEIGHT
RATING
WEIGHT SCORES
COMMENTS
Memiliki jaringan yang luas diseluruh Indonesia
0,10
5
0,50
Mempermudah promosi
Memiliki koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
0,08
4
0,32
Meningkatkan kualitas produk
Memiliki koleksi buku yang cukup lengkap
0,07
3
0,21
Menarik konsumen
Menjual barang lain seperti ATK
0,07
3
0,21
Daya tarik lain
Toko luas dan nyaman
0,08
4
0,32
Kenyamanan konsumen
Tersedia tempat parkir yang luas
0,08
4
0,32
Fasilitas memadai
Pelayanan yang ramah dari karyawannya
0,05
2
0,10

Memiliki fasilitas pemesanan buku secara online
0,07
3
0,21
Mempermudah jual beli
Sangat selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
0,07
3
0,21
Menjaga kualitas
Memiliki beberapa anak perusahaan
0,06
2
0,12
Mempermudah distribusi

KEY INTERNAL FACTOR (WEAKNESS)
WEIGHT
RATING
WEIGHT SCORES
COMMENT
Toko hanya ada di kota-kota besar
0,05
2
0,10
Kurangnya anak cabang
Harga buku relatif mahal
0,06
2
0,12
Sesuai kualitas
Hanya menjual buku dengan merk ternama
0,06
2
0,12

Harga buku impor tergantung kurs dolar
0,05
2
0,10
Ketergantungan nilai mata uang asing
Toko buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman
0,05
2
0,10
Ketidak nyamanan konsumen
TOTAL SCORES
1,00

3,06



8.      ANALISIS SWOT DAN BCG
A.    Analisis SWOT

STRENGTH
WEAKNESS
S1  Memiliki jaringan yang luas
S2. Memiliki koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
S3. Memiliki koleksi buku yang cukup lengkap
S4. Menjual barang-barang selain buku seperti ATK
S4. Toko luas dan nyaman
S5. Tersedia tempat parkir yang luas
S6. Pelayanan yang ramah dari karyawan
S7. Memiliki fasilitas pelayanan pemesanan buku secara online
S8. Sangat selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
S9. Memiliki beberapa anak perusahaan
W1. Toko hanya ada di kota-kota besar
W2. Harga relatif mahal
W3. Harga buku impor tergantung kurs dolar
W4. Toko buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman

OPPORTUNITY
SO
WO
O1. Toko Gramedia dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota kecil
O2. Dapat mengembangkan bisnisnya seperti menjual barang elektronik
O3. Dapat menarik penulis atau penerbit dalam negeri untuk meningatkan kegemaran menulis dan membaca di Indonesia
O4. Sering mengadakan even book fair untuk meningkatkan penjualan
O5. Lebih meningkatkan lagi pelayanan
1.      Meningkatkan kualitas pelayanan dengan cepat dan tanggap terhadap keluhan konsumen (S8O5)
2.      Lebih banyak menyediakan buku-buku dari penerbit dan penulis dalam negeri agar lebih meningkatkan kegemaran menulis dan membaca pada masyarakat. (S2O3)
3.      Menjual barang elektronik seperti laptop dan computer. (S4O2)
1.      Membagun jaringan toko dikota-kota kecil di Indonesia (W1O1)
2.      Mengadakan event book fair secara berkala. (W2O4)
THREAT
ST
WT
T1. Harga buku bajakan lebih murah di banding harga buku di Gramedia
T2. Persaingan dengan toko lain yang menawarkan beberapa fasilitas
T3. Persaingan perusahaan buku secara online ( amazon.com, kaskus.com )

1.      Meningkatkan promosi agar masyarakat mengetahui berbagai fasilitas di gramedia (S7T2).
2.      Penggalakan stop buku bajakan. (S10T1)
1.      Lebih banyak menawarkan diskon. (W2T1)
2.      Menyediakan tempat baca yang aman dan nyaman (W4T2)
3.      Meningkatkan pelayanan pemesanan buku secara online untuk menjangkau daerah-daerah kecil diindonesia. (W1T3)

B. BCG
Matriks BCG adalah perangkat strategi untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya berdasarkan pangsa pasar dan pertumbuhan UBS.Matriks BCG merupakan empat kelompok bisnis, yaitu:
A.    Tanda tanya (Question Mark) Divisi dalam kuadran I memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah, tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat. Biasanya kebutuhan kas perusahaan ini tinggi dan pendapatan kasnya rendah. Bisnis ini disebut tanda tanya karena organisasi harus memutuskan apakah akan memperkuat divisi ini dengan menjalankan strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, atau pengembangan produk) atau menjualnya. Contoh produk : novel
B.     Bintang (Star) Bisnis di kuadran II (disebut juga Bintang) mewakili peluang jangka panjang terbaik untuk pertumbuhan dan profitabilitas bagi organisasi. Divisi dengan pangsa pasar relatif yang tinggi dan tingkat pertumbuhan industri yang tinggi seharusnya menerima investasi yang besar untuk mempertahankan dan memperkuat posisi dominan mereka. Kategori ini adalah pemimpin pasar namun bukan berarti akan memberikan arus kas ositif bagi perusahaan, karena harus mengeluarkan banyak uang untuk memenangkan pasar dan mengantisipasi para pesaingnya. Integrasi ke depan, ke belakang, dan orizontal, enetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, dan joint venture erupakan strategi yang sesuai untuk dipertimbangkan divisi ini. Pada tahap inilah gramedia sedang berada. Contoh produk: buku pelajaran
C.     Sapi perah (Cash Cow) Divisi yang berposisi di kuadran III memiliki pangsa pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang pertumbuhannya lambat. Disebut sapi perah karena menghasilkan kas lebih dari yang dibutuhkanya, mereka seringkali diperah untuk membiayai untuk membiayai sektor usaha yang lain. Banyak sapi perah saat ini adalah bintang di masa lalu, divisi sapi perah harus dikelola unuk mempertahankan posisi kuatnya selama mungkin. Pengembangan produk atau diversifikasi konsentrik dapat menjadi strategi yang menarik untuk sapi perah yang kuat. Tetapi, ketika divisi sapi perah menjadi lemah, retrenchment atau divestasi lebih sesuai untuk diterapkan. Produk : koran
D.    Anjing (Dog) Divisi kuadran IV dari organisasi memiliki pangsa pasar relatif yang rendah dan bersaing dalam industri yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh. Mereka adalah anjing dalam portofolio perusahaan. Karena posisi internal dan eksternalnya lemah, bisnis ini seringkali dilikuidasi, divestasi atau dipangkas dengan retrenchment. Ketika sebuah divisi menjadi anjing, retrenchment dapat menjadi strategi yang terbaik yang dapat dijalankan karena banyak anjing yang mencuat kembali, setelah pemangkasan biaya dan aset besar-besaran, menjadi bisnis yang mampu bertahan dan menguntungkan.

9.      REKOMENDASI STRATEGI SPESIFIK DAN TUJUAN JANGKA PANJANG
Strategi spesifik dan tujuan jangka panjang sendiri dapat diartikan sebagai strategi yang digunakan perusahaan dan tujuan besar yang ingin di capai oleh suatu perusahaan, ini bisa dikatakan sebagai pondasi arah perkembangan perusahaan tersebut. Adapun rekomendasi strategi spesifik dan tujuan jangka panjang yang kelompok kita ajukan pada Kompas Gramedia sebagai berikut :
a.      Rekomendasi strategi spesifik.
-          Memperluas jaringan toko buku tidak hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration dan market development.
-          Mengkonsep toko menjadi toko baca yg senyaman mungkin untuk pelanggan.
-          Lebih gencar lagi promosi toko buku online gramedia.
b.      Rekomendasi tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka panjang merupakan pernyataan dari hasil yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu yang umumnya tiga sampai lima tahun atau bisa lebih, untuk mencapai kemakmuran jangka panjang. Cara untuk mencapai tujuan jangka panjang ialah dengan menjalankan program-program yang sudah menjadi strategi perusahaan dengan berpatokan dengan visi sebagai cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan. Gramedia bisa dikatan sebagai market leader dalam industri toko buku di Indonesia. Indikator ini menujukan bahwa strategi yang di gunakan perusahaan sudah bagus, tetapi untuk ke depan mempertahankan dan memperkuat citra gramedia di benak konsumen adalah hal yang harus terus dilakukan oleh Gramedia, selain itu juga harus terus memberikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan kepada konsumen.

10.  SPESIFIKASI BAGAIMANA PENERAPAN REKOMENDASI STRATEGI.
Rekomendasi yang kami ajukan untuk perusahaan gramedia dapat deterapkan dengan cara sebagai berikut :
-          Memperluas jaringan toko buku tidak hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration dan market development. Gramedia sudah mempunyai kekuatan untuk dapat melakukan hal ini karena Gramedia sendiri sudah terdapat di hampir seluruh kota besar yang ada di Indonesia. Hal ini di dasari oleh karakteristik konsumen yang umumnya tidak ingin ribet dan diharapkan nantinya dapat sebegai pengembangan pasar yang sudah ada. Sehingga gramedia harus mengetahui lokasi-lokasi strategis yang ada di kota-kota kecil. Harus ada riset terlebih dahulu sebelum membuka cabang di kota-kota kecil.
-          Mengkonsep toko menjadi toko baca yg senyaman mungkin untuk pelanggan. Konsep toko ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih pada konsumen yang datang berkunjung ke Gramedia. Hal ini diharapkan meningkatkan keterikatan atau relation antara Gramedia dengan pelanggan. Membuat desain yang menarik, memiliki desain yang eksklusif yang menjadikannya berbeda dan berkelas. Desain rak model baru dan interior yang dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Serta memajang tidak hanya buku bacaan, juga menyediakan alat tulis kantor serta keperluan sekolah bagi siswa dan mahasiswa. Selain itu juga toko buku ini menjual peralatan olah raga, aksesoris seperti dompet, tas, frame foto dan masih banyak lagi yang lainnya.
-          Lebih gencar lagi promosi toko buku online gramedia. Jaman sekarang itu jamannya online. Gramedia pun tak ketinggalan untuk membuat toko buku online. Akan tetapi kurangnya promosi membuat konsumen tidak banyak yang tahu. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat team khusus promosi online baik sosmed maupun media internet lainnya.
11.  REKOMENDASI TUJUAN TAHUNAN.
-          Dalam menjual produknya perusahaan harus memiliki target yang ingin di capai dalam per tahunnya. Target ini nantinya sebagai review kinerja dan patokan terget serta strategi yang akan di gunakan di tahun berikutnya.
-          Perusahaan harus mempunyai prioritas dalam mengalokasikan sumberdaya nya.
12.  REKOMENDASI REVIEW DAN EVALUASI STRATEGIK
a.       Mengkaji ulang Landasan strategi
Mengembangkan matrik EFE dan EFI yang telah direvisi
Matrik EFI yang sudah direvisi harus fokus pada perubahan dalam kekuatan dan kelemahan manajemen, pemasaran, keuangan/akunting, produksi/operasi, litbang dan SIM Matrik EFE yang sudah direvisi harus menujukkan seberapa efektif strategi perusahaan dalam merespon peluang dan ancaman utama.

b.      Mengukur Kinerja Organiasi
Aktifitas ini termasuk membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya, menyelidiki penyimpangan dari rencana, mengevaluasi prestasi individual dan menyimak kemajuan yang dibuat kearah pencapaian sasaran yang dinyatakan. Sasaran jangka panjang dan sasaran tahunan biasanya dipakai dalam proses ini. Kreteria untuk mengevaluasi strategi harus dapat diukur dan mudah dibuktikan. Evaluasi strategi didasarkan pada kreteria kuantitatif maunpun kualitatif Kreteria kuantitatif biasanya digunakan untuk mengevaluasi strategi adalah rasio keuangan; ROI, ROE, Laba per saham, pertumbuhan asset, pangsa pasar, dll.
c.       Tindakan Korektif 
  1. Diperlukan untuk membuat organisasi tetap berada pada jalur tujuan 
  2. Mendorong organisasi  berhasil beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berubah. 
  3. Tindakan korektif harus membawa organisasi  ke posisi yang lebih baik dengan memanfaatkan kekuatan internal, mengambil keuntungan peluang eksternal utama, mengurangi /menghindari  ancaman eksternal, dan memperbaiki kelemahan internal.


BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Visi toko buku gramedia sudah sangat baik untuk dijadikan pedoman bagi tujuan perusahaan. Visi ini pun didukung oleh misi yang tercantum diatas sehingga dalam perwujudan visi pun mudah untuk diterapkan dalam realita saat ini. Toko Buku Gramedia pun menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya, seperti jaringan yang luas, tempat yang luas dan nyaman, kualitas buku yang baik dan lain sebagainya. Akan tetapi Toko Buku Gramedia juga memiliki kelemahan, ancaman, dan peluang yang dapat dimanfaatkan menjadi kekuatan.


DAFTAR PUSTAKA
Solihin, Ismail,  2012, Manajemen Strategik,  Bandung, Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar