ANALISIS
STRATEGI PERUSAHAAN
PT.
GRAMEDIA ASRI MEDIA
Disusun
untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Strategi
Dosen
Pengampu Bu Rini
Disusun
oleh :
1.
Siti
Awaliyah 7311413086
2.
Virellia
Cahya Disti 7311413246
3.
Rony
Karunia R 7311411147
Manajemen
SDM B 2013
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
BAB
1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan
dunia usaha di era globalisasi ini sangatlah pesat, persaingan antar perusahan
dengan kompetitor semakin ketat. Apalagi kemajuan teknologi yang sangat
mendukung kemajuan dan kesuksesan suatu usaha. Untuk menjadi yang terbaik
sebuah perusahaan tidak akan pernah lepas dari pemasaran. Pemasaran modern
tidak hanya sekedar memasarkan produknya yang bagus, menetapkan harga yang
menarik dan membuat produk terjangkau oleh konsumen, tetapi perusahaan juga
harus berkomunikasi dengan konsumen. Komunikasi tersebut dapat dilakukan
perusahaan melalui kegiatan promosi.
Tak bisa
dipungkiri bahwa distribusi merupakan mata rantai yang lemah dalam dunia bisnis
di Indonesia. Penerbit dan percetakan saja tidaklah cukup untuk dapat
mendistribusikan produk secara merata ke seluruh pelosok tanah air. Itulah
sebabnya Kelompok Kompas - Gramedia (KKG) mendirikan jaringan toko buku, dengan
maksud memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari
jaringan distribusi yang ada.
Dalam kasus
ini, penyusun mengambil studi kasus pada PT Gramedia Asri Media untuk
dianalisis bagaimana pihak manajemen melakukan strateginya. Dibawah ini akan
dibahas bagaimana kegiatan manajemen strategiknya.
B. RUMUSAN
MASALAH
1.
Apa
visi, misi dan strategi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
2.
Bagaimana
pengembangan visi, misi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
3.
Mengidentifikasi peluang dan tantangan ?
4.
Bagaimana
matrik EFE nya?
5.
Bagaimana
competitive profit matrik dari PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
6.
Apa
saja kelemahan dan kekuatan dari PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
7.
Bagaimana
matrik IFE nya?
8.
Bagaimana
analisis SWOT dan BCG nya ?
9.
Apa
rekomendasi strategi spesifik dan tujuan jangka panjang untuk PT.
GRAMEDIA ASRI MEDIA?
10. Apa
spesifikasi rekomendasi yang bisa diterapkan pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
11. Bagaimana
rekomendasi tujuan tahunan yang spesifik pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
12. Bagaimana
rekomendasi tahapan review dan evaluasi strategic pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
BAB II
PEMBAHASAN
1.
IDENTIFIKASI
MISI, VISI, TUJUAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN
A. VISI
Turut berpartisipasi dalam pengembangan intelektual bangsa
dengan menyebarkan ilmu pengetahuan dan informasi melalui model retail yang berbeda dan pendistribusian
buku, ATK, dan produk multimedia, ditandai dengan pelayanan yang terbaik,
manajemen yang proaktif, dan perilaku bisnis yang tepat.
MISI
1. Untuk menjadi agent of change di
dalam masyarakat yang pluralistic.
2.
Untuk
menjadi pemimpin di dalam retail dan distribusi ilmu pengetahuan, informasi dan
infotainment berbasis media.
3.
Untuk
menyediakan produk-produk yang canggih, inovatif, dan berorientasi pasar
B. STRATEGI
PERUSAHAAN
Strategi pemasaran pada Toko Buku Gramedia meliputi empat
bauran yaitu, produk, harga, distribusi dan promosi. Penerapan strategi produk
pada Toko Buku Gramedia dilakukan merlalui diversivikasi dan diferensiasi
produk yang dimiliki. Selain itu, pengadaan produk, proses produksi dan display
produk juga menjadi bagian dalam strategi produk yang dilakukan oleh Toko Buku
Gramedia.
Penerapan strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan
melalui faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk.
Jenis-jenis harga yang digunakan, metode serta penetapan harga juga menjadi
bagian dalam penetapan harga pada toko buku ini.
Penerapan strategi
distribusi pada Toko Buku Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan
yang strategis berada di pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang
digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi
langsung.
Penerapan strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan
melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian
brosur, promosi penjualan melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon
berhadiah. Sedangkan media promosi penjualan pribadi dan publisitas berupa
promo happy hour, persentasi tidak langsung terhadap konsumen.
2.
PENGEMBANGAN VISI MISI
Visi
yang dinyatakan oleh toko buku gramedia sudah mencerminkan dan menggambarkan
tujuan atau impian yang ingin dicapai perusahaan baik dalam jangka pendek
maupun dalam jangka panjang sehingga menurut kelompok kami tidak ada yang perlu
dirubah dalam visi maupun misi toko buku gramedia.
Menurut
pearce dan Robinson (2005) menyebutkan bahwa pernyataan misi yang dibuat
perusahaan setidak-tidaknya mengandung tiga koponen yaitu:
1. Sensitivitas terhadap keinginan
pelanggan.
Pada
misi toko buku gramedia sudah mencantumkan makna keinginan pelanggan yang
membutuhkan produk-produk ilmu pengetahuan yang luas, inovatif dan unggul.
2. Perhatian terhadap masalah mutu dan
kualitas.
Pada
misi toko buku gramedia secara eksplisit telah menggambarkan untuk selalu
memperbaharui mutu dan kualitasnya dengan berosientasi pada pasa dan teknologi
yang semakin berkembang pada era modern saat ini.
3. Pernyataaan visi perusahaan
Visi ini dimaknai bahwa Gramedia,
tidak hanya memiliki orientasi usaha pada surat kabar atau toko buku
saja. Namun, terkait dengan industri pengetahuan. Hal ini mengarahkan pada
kompetensi yang dimiliki oleh Gramedia untuk menguatkan pada bisnis pengetahuan
yaitu dengan menyediakan
prduk buku, stationerry, dsb yang berorientasi pada pasar, memberikan layanan
unggul kepada pelanggan dan mitra kerja, melakukan inovasi bisnis, melakukan kegiatan bisnis dengan perilaku
yang bersih
David
(2007:64) memperluas komponen misi dengan menyebutkan bahwa terdapat Sembilan
karakteristik yang harus terangkum dalam suau misi perusahaan, dank arena misi
perusahaan merupakan bagian dari proses strategic management yang akan
dipublikasi kepada masyarakat, maka misi perusahaan sebaiknya mencakup
kesembilan komponen pokok tersebut, yang terdiri dari:
1. Customer – secara tertulis pada misi
gramedia sudah menyebutkan siapa yang menjadi pelanggan bagi produknya.
2. Product or services - pada misi gramedia telah disebutkan yaitu
untuk menjadi pemimpin di dalam reatail dan distribusi ilmu pengetahuan, maka
telah jelas disebutkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
3. Markets - pada misi gramedia telah disebutkan pada
pasar dan distribusi ilmu pengetahuanlah perusahaan akan bersaing.
4. Technology – pernyataan misi
gramedia telah menentukan arah pengembangan teknologi yang canggih dan
berorientasi pada pasar.
5. Concern for survival, growth and
profitability – pernyataan misi gramedia secara eksplisit telah menyatakan
komitmen perusahaan terhadap kelangsungan hisup perusahaan, pertumbuhan dan
kemampuan untuk menghasilkan laba dengan selalu menyediakan produk yang
canggih, inovatif dan berorientasi pada pasar.
6. Philosophy - pada misi gramedia belum menjelaskan
kepercayaan, nilai, aspirasi, dan prioritas etis dari perusahaan.
7. Self-cocept – dalam pernyataan misi
gramedia telah dijelaskan apa yang menjadi kompetensi unggulan dari perusahaan
disbanding pesaingnya yaitu berupa pendistribusian ilmu pengetahuan, informasi
dan infotainment yang berbasis media.
8. Concern for public image – pada
pernyataan visi gramedia belum dijelaskan mengenai perusahaan yang memiliki
respon terhadap masalah-masalah social kemasyarakatan maupun tearhadap masalah
lingkungan. Sebaiknya perusahaan juga mencantumkan adanya program CSR yang bisa
merespon masalah social masyarakat.
9. Concern for employees – pada misi
gramedia belum menunjukkan apakah karyawan merupakan aset yang beerharga bagi
perusahaan. Sebaiknya perusahaan memcantumkan kepeduliaannya terhadap karyawan
sehingga karyawan merasa dihargai.
3.
IDENTIFIKASI
PELUANG DAN ANCAMAN EKSTERNAL PERUSAHAAN
A. PELUANG
Ø Toko
Gramedia dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota kecil
Ø Dapat
mengembangkan bisnisnya seperti menjual barang elektronik
Ø Dapat
menarik penulis atau penerbit dalam negeri untuk meningatkan kegemaran menulis
dan membaca di Indonesia
Ø Sering
mengadakan even book fair untuk meningkatkan penjualan
Ø Lebih
meningkatkan lagi pelayanan
B. ANCAMAN
Ø Harga
buku bajakan lebih murah di banding harga buku di Gramedia
Ø Persaingan
dengan toko lain yang menawarkan beberapa fasilitas
Ø Persaingan
perusahaan buku secara online ( amazon.com , kaskus.com )
4.
EFE
MATRIKS
KEY
EXTERNAL FACTOR (OPPORTUNTY)
|
WEIGHT
|
RAT
|
WEIGHT
SCORES
|
COMMENTS
|
Dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota
kecil
|
0,20
|
4
|
0,80
|
Memperbanyak cabang
|
Dapat mengembangkan bisnisnya seperti menjual
laptop
|
0,15
|
2
|
0,30
|
Diversifikasi produk
|
Dapat menarik penulis dan penerbit dalam negeri
|
0,15
|
3
|
O,45
|
Membangun relasi
|
Lebih sering mengadakan even book fair untuk
meningkatkan penjualan
|
0,15
|
4
|
0,60
|
Meningkatkan
penjualan
|
Lebih meningkatkan lagi pelayanan
|
0,10
|
3
|
0,30
|
Pelayanan prima
|
KEY
EXTERNAL FAKTOR (THREAT)
|
WEIGHT
|
RAT
|
WEIGHT
SCORES
|
COMMENTS
|
Harga buku-buku bajakan lebih murah
|
0,08
|
4
|
0,32
|
Persaingan harga
|
Persaingan dengan took buku lain
|
0,08
|
3
|
0,24
|
|
Persaingan toko buku online dengan kaskus.com dan
amazone.com
|
0,09
|
4
|
0,32
|
Penjualan yang inovatif
|
TOTAL SCORES
|
1,00
|
3,37
|
5.
KOMPETITIF
KOMPLEKS MATRIKS
FAKTOR-FAKTOR
KEBERHASILAN PENTING
|
BOBOT
|
GRAMEDIA
|
GUNUNG
AGUNG
|
TOGAMAS
|
|||
PERINGKAT
|
SKOR
|
PERINGKAT
|
SKOR
|
PERINGKAT
|
SKOR
|
||
Iklan
|
0,10
|
4
|
0,80
|
3
|
0,60
|
3
|
0,50
|
Kualitas Produk
|
0,20
|
3
|
0,60
|
1
|
0,40
|
2
|
0,30
|
Daya Saing Harga
|
0,15
|
1
|
0,20
|
2
|
0,30
|
2
|
0,40
|
Manajemen
|
0,10
|
2
|
0,40
|
2
|
0,30
|
1
|
0,20
|
Posisi Keuangan
|
0,10
|
2
|
0,30
|
1
|
0,20
|
1
|
0,10
|
Loyalitas Konsumen
|
0,15
|
4
|
0,70
|
2
|
0,40
|
3
|
0,50
|
Ekspansi Global
|
0,10
|
2
|
0,30
|
1
|
0,20
|
1
|
0,10
|
Pangsa Pasar
|
0,10
|
3
|
0,50
|
2
|
0,40
|
2
|
0,30
|
1
|
3,8
|
2,8
|
2,4
|
Kami memilih
toko buku Gunung Agung karena menurut kelompok kami TB Gunung Agung dapat
memberikan kebutuhan pelanggan akan kebutuhan ilmu pengetahuan yang cukup
menarik dan TB gunung agung juga telah berdiri sejak 50 tahun dan menjadi perintis toko buku di
Indonesia yang sampai saat ini gerai nya masih eksis dikunjungi banyak
pelanggan. Sedangkan kami memilih toko buku Togamas sebagai pembanding yang
kedua karena TB ini memiliki kemenarikan tersendiri dengan strategi bisnisnya
dalam menarik pelanggan yaitu dengan menyediakan buku-buku dengan harga murah
dan diskon pada semua jenis buku yang dijual, pemilihan positioning sebagai
‘Toko buku diskon’ dan ‘toko bukunya mahasiswa’, bahkan berani memberikan
jaminan “diskon seumur hidup”. Hal inilah yang membuat TB togamas memiliki daya
tarik tersendiri akan bisnisnya.
6.
IDENTIFIKASI
KEKUATAN DAN KELEMAHAN
A. KEKUATAN
Ø Memiliki
jaringan yang luas
Ø Memiliki
koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
Ø Memiliki
koleksi buku yang cukup lengkap
Ø Menjual
barang-barang selain buku seperti ATK
Ø Toko
luas dan nyaman
Ø Tersedia
tempat parkir yang luas
Ø Pelayanan
yang ramah dari karyawan
Ø Memiliki
fasilitas pelayanan pemesanan buku secara online
Ø Sangat
selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
Ø Memiliki
beberapa anak perusahaan
B. KELEMAHAN
Ø Toko
hanya ada di kota-kota besar
Ø Harga
relatif mahal
Ø Harga
buku impor tergantung kurs dolar
Ø Toko
buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman
7.
MATRIKS
INTERNAL
KEY INTERNAL FACTOR (STRENGTH)
|
WEIGHT
|
RATING
|
WEIGHT SCORES
|
COMMENTS
|
Memiliki
jaringan yang luas diseluruh Indonesia
|
0,10
|
5
|
0,50
|
Mempermudah
promosi
|
Memiliki
koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
|
0,08
|
4
|
0,32
|
Meningkatkan
kualitas produk
|
Memiliki
koleksi buku yang cukup lengkap
|
0,07
|
3
|
0,21
|
Menarik
konsumen
|
Menjual
barang lain seperti ATK
|
0,07
|
3
|
0,21
|
Daya
tarik lain
|
Toko
luas dan nyaman
|
0,08
|
4
|
0,32
|
Kenyamanan
konsumen
|
Tersedia
tempat parkir yang luas
|
0,08
|
4
|
0,32
|
Fasilitas
memadai
|
Pelayanan
yang ramah dari karyawannya
|
0,05
|
2
|
0,10
|
|
Memiliki
fasilitas pemesanan buku secara online
|
0,07
|
3
|
0,21
|
Mempermudah
jual beli
|
Sangat
selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
|
0,07
|
3
|
0,21
|
Menjaga
kualitas
|
Memiliki
beberapa anak perusahaan
|
0,06
|
2
|
0,12
|
Mempermudah
distribusi
|
KEY INTERNAL FACTOR (WEAKNESS)
|
WEIGHT
|
RATING
|
WEIGHT SCORES
|
COMMENT
|
Toko
hanya ada di kota-kota besar
|
0,05
|
2
|
0,10
|
Kurangnya
anak cabang
|
Harga
buku relatif mahal
|
0,06
|
2
|
0,12
|
Sesuai
kualitas
|
Hanya
menjual buku dengan merk ternama
|
0,06
|
2
|
0,12
|
|
Harga
buku impor tergantung kurs dolar
|
0,05
|
2
|
0,10
|
Ketergantungan
nilai mata uang asing
|
Toko
buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman
|
0,05
|
2
|
0,10
|
Ketidak
nyamanan konsumen
|
TOTAL SCORES
|
1,00
|
3,06
|
8.
ANALISIS
SWOT DAN BCG
A.
Analisis SWOT
STRENGTH
|
WEAKNESS
|
|
S1 Memiliki jaringan yang luas
S2. Memiliki koneksi dengan
penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
S3. Memiliki koleksi buku yang
cukup lengkap
S4. Menjual barang-barang
selain buku seperti ATK
S4. Toko luas dan nyaman
S5. Tersedia tempat parkir yang
luas
S6. Pelayanan yang ramah dari
karyawan
S7. Memiliki fasilitas
pelayanan pemesanan buku secara online
S8. Sangat selektif dalam
menjalin kerjasama dengan supplier
S9. Memiliki beberapa anak
perusahaan
|
W1. Toko hanya ada di kota-kota
besar
W2. Harga relatif mahal
W3. Harga buku impor tergantung
kurs dolar
W4. Toko buku Gramedia kurang menyediakan
tempat baca yang nyaman
|
|
OPPORTUNITY
|
SO
|
WO
|
O1. Toko Gramedia dapat
memperluas jaringan hingga ke kota-kota kecil
O2. Dapat mengembangkan
bisnisnya seperti menjual barang elektronik
O3. Dapat menarik penulis atau
penerbit dalam negeri untuk meningatkan kegemaran menulis dan membaca di
Indonesia
O4. Sering mengadakan even book
fair untuk meningkatkan penjualan
O5. Lebih meningkatkan lagi
pelayanan
|
1. Meningkatkan kualitas pelayanan
dengan cepat dan tanggap terhadap keluhan konsumen (S8O5)
2. Lebih banyak menyediakan
buku-buku dari penerbit dan penulis dalam negeri agar lebih meningkatkan
kegemaran menulis dan membaca pada masyarakat. (S2O3)
3. Menjual barang elektronik
seperti laptop dan computer. (S4O2)
|
1. Membagun jaringan toko
dikota-kota kecil di Indonesia (W1O1)
2. Mengadakan event book fair
secara berkala. (W2O4)
|
THREAT
|
ST
|
WT
|
T1. Harga buku bajakan lebih
murah di banding harga buku di Gramedia
T2. Persaingan dengan toko lain
yang menawarkan beberapa fasilitas
T3. Persaingan perusahaan buku
secara online ( amazon.com, kaskus.com )
|
1. Meningkatkan promosi agar
masyarakat mengetahui berbagai fasilitas di gramedia (S7T2).
2. Penggalakan stop buku bajakan.
(S10T1)
|
1.
Lebih
banyak menawarkan diskon. (W2T1)
2.
Menyediakan
tempat baca yang aman dan nyaman (W4T2)
3.
Meningkatkan
pelayanan pemesanan buku secara online untuk menjangkau daerah-daerah kecil
diindonesia. (W1T3)
|
B. BCG
Matriks BCG
adalah perangkat strategi untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber
daya berdasarkan pangsa pasar dan pertumbuhan UBS.Matriks BCG merupakan empat
kelompok bisnis, yaitu:
A.
Tanda tanya
(Question Mark) Divisi dalam kuadran I memiliki posisi pangsa pasar relatif
yang rendah, tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat.
Biasanya kebutuhan kas perusahaan ini tinggi dan pendapatan kasnya rendah.
Bisnis ini disebut tanda tanya karena organisasi harus memutuskan apakah akan
memperkuat divisi ini dengan menjalankan strategi intensif (penetrasi pasar,
pengembangan pasar, atau pengembangan produk) atau menjualnya. Contoh
produk : novel
B.
Bintang (Star)
Bisnis di kuadran II (disebut juga Bintang) mewakili peluang jangka panjang
terbaik untuk pertumbuhan dan profitabilitas bagi organisasi. Divisi dengan
pangsa pasar relatif yang tinggi dan tingkat pertumbuhan industri yang tinggi
seharusnya menerima investasi yang besar untuk mempertahankan dan memperkuat
posisi dominan mereka. Kategori ini adalah pemimpin pasar namun bukan berarti
akan memberikan arus kas ositif bagi perusahaan, karena harus mengeluarkan
banyak uang untuk memenangkan pasar dan mengantisipasi para pesaingnya.
Integrasi ke depan, ke belakang, dan orizontal, enetrasi pasar, pengembangan
pasar, pengembangan produk, dan joint venture erupakan strategi yang sesuai
untuk dipertimbangkan divisi ini. Pada tahap inilah gramedia sedang
berada. Contoh produk: buku pelajaran
C.
Sapi perah
(Cash Cow) Divisi yang berposisi di kuadran III memiliki pangsa pasar relatif
yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang pertumbuhannya lambat. Disebut
sapi perah karena menghasilkan kas lebih dari yang dibutuhkanya, mereka
seringkali diperah untuk membiayai untuk membiayai sektor usaha yang lain.
Banyak sapi perah saat ini adalah bintang di masa lalu, divisi sapi perah harus
dikelola unuk mempertahankan posisi kuatnya selama mungkin. Pengembangan produk
atau diversifikasi konsentrik dapat menjadi strategi yang menarik untuk sapi
perah yang kuat. Tetapi, ketika divisi sapi perah menjadi lemah, retrenchment
atau divestasi lebih sesuai untuk diterapkan. Produk : koran
D.
Anjing (Dog)
Divisi kuadran IV dari organisasi memiliki pangsa pasar relatif yang rendah dan
bersaing dalam industri yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh. Mereka
adalah anjing dalam portofolio perusahaan. Karena posisi internal dan
eksternalnya lemah, bisnis ini seringkali dilikuidasi, divestasi atau dipangkas
dengan retrenchment. Ketika sebuah divisi menjadi anjing, retrenchment dapat
menjadi strategi yang terbaik yang dapat dijalankan karena banyak anjing yang
mencuat kembali, setelah pemangkasan biaya dan aset besar-besaran, menjadi
bisnis yang mampu bertahan dan menguntungkan.
9.
REKOMENDASI
STRATEGI SPESIFIK DAN TUJUAN JANGKA PANJANG
Strategi spesifik dan tujuan jangka panjang sendiri
dapat diartikan sebagai strategi yang digunakan perusahaan dan tujuan besar
yang ingin di capai oleh suatu perusahaan, ini bisa dikatakan sebagai pondasi
arah perkembangan perusahaan tersebut. Adapun rekomendasi strategi spesifik dan
tujuan jangka panjang yang kelompok kita ajukan pada Kompas Gramedia sebagai
berikut :
a. Rekomendasi strategi spesifik.
-
Memperluas jaringan toko buku tidak
hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration dan market
development.
-
Mengkonsep toko menjadi toko baca yg
senyaman mungkin untuk pelanggan.
-
Lebih gencar lagi promosi toko buku
online gramedia.
b. Rekomendasi tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka panjang merupakan pernyataan dari
hasil yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu yang
umumnya tiga sampai lima tahun atau bisa lebih, untuk mencapai kemakmuran
jangka panjang. Cara untuk mencapai tujuan jangka panjang ialah dengan
menjalankan program-program yang sudah menjadi strategi perusahaan dengan
berpatokan dengan visi sebagai cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan.
Gramedia bisa dikatan sebagai market leader dalam industri toko buku di
Indonesia. Indikator ini menujukan bahwa strategi yang di gunakan perusahaan
sudah bagus, tetapi untuk ke depan mempertahankan dan memperkuat
citra gramedia di benak konsumen adalah hal yang harus terus dilakukan oleh
Gramedia, selain itu juga harus terus memberikan pelayanan yang terbaik dan
kemudahan kepada konsumen.
10. SPESIFIKASI BAGAIMANA PENERAPAN
REKOMENDASI STRATEGI.
Rekomendasi yang kami ajukan untuk perusahaan
gramedia dapat deterapkan dengan cara sebagai berikut :
-
Memperluas jaringan toko buku tidak
hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration dan market
development. Gramedia sudah mempunyai kekuatan untuk dapat melakukan hal ini
karena Gramedia sendiri sudah terdapat di hampir seluruh kota besar yang ada di
Indonesia. Hal ini di dasari oleh karakteristik konsumen yang umumnya tidak
ingin ribet dan diharapkan nantinya dapat sebegai pengembangan pasar yang sudah
ada. Sehingga gramedia harus mengetahui lokasi-lokasi strategis yang ada di
kota-kota kecil. Harus ada riset terlebih dahulu sebelum membuka cabang di
kota-kota kecil.
-
Mengkonsep toko menjadi toko baca yg
senyaman mungkin untuk pelanggan. Konsep toko ini bertujuan untuk memberikan
pengalaman lebih pada konsumen yang datang berkunjung ke Gramedia. Hal ini
diharapkan meningkatkan keterikatan atau relation antara Gramedia dengan
pelanggan. Membuat desain yang menarik, memiliki desain yang eksklusif yang
menjadikannya berbeda dan berkelas. Desain rak model baru dan interior yang
dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Serta memajang tidak
hanya buku bacaan, juga menyediakan alat tulis kantor serta keperluan sekolah
bagi siswa dan mahasiswa. Selain itu juga toko buku ini menjual peralatan olah
raga, aksesoris seperti dompet, tas, frame foto dan masih banyak lagi yang
lainnya.
-
Lebih gencar lagi promosi toko buku
online gramedia. Jaman sekarang itu jamannya online. Gramedia pun tak
ketinggalan untuk membuat toko buku online. Akan tetapi kurangnya promosi
membuat konsumen tidak banyak yang tahu. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat
team khusus promosi online baik sosmed maupun media internet lainnya.
11. REKOMENDASI TUJUAN TAHUNAN.
-
Dalam menjual produknya perusahaan harus
memiliki target yang ingin di capai dalam per tahunnya. Target ini nantinya sebagai
review kinerja dan patokan terget serta strategi yang akan di gunakan di tahun
berikutnya.
-
Perusahaan harus mempunyai prioritas
dalam mengalokasikan sumberdaya nya.
12. REKOMENDASI REVIEW DAN EVALUASI
STRATEGIK
a.
Mengkaji
ulang Landasan strategi
Mengembangkan matrik EFE dan EFI
yang telah direvisi
Matrik EFI yang sudah direvisi harus fokus pada perubahan dalam kekuatan dan kelemahan manajemen, pemasaran, keuangan/akunting, produksi/operasi, litbang dan SIM Matrik EFE yang sudah direvisi harus menujukkan seberapa efektif strategi perusahaan dalam merespon peluang dan ancaman utama.
Matrik EFI yang sudah direvisi harus fokus pada perubahan dalam kekuatan dan kelemahan manajemen, pemasaran, keuangan/akunting, produksi/operasi, litbang dan SIM Matrik EFE yang sudah direvisi harus menujukkan seberapa efektif strategi perusahaan dalam merespon peluang dan ancaman utama.
b.
Mengukur
Kinerja Organiasi
Aktifitas ini termasuk membandingkan
hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya, menyelidiki penyimpangan
dari rencana, mengevaluasi prestasi individual dan menyimak kemajuan yang
dibuat kearah pencapaian sasaran yang dinyatakan. Sasaran jangka panjang dan
sasaran tahunan biasanya dipakai dalam proses ini. Kreteria untuk mengevaluasi
strategi harus dapat diukur dan mudah dibuktikan. Evaluasi strategi didasarkan
pada kreteria kuantitatif maunpun kualitatif Kreteria kuantitatif biasanya
digunakan untuk mengevaluasi strategi adalah rasio keuangan; ROI, ROE, Laba per
saham, pertumbuhan asset, pangsa pasar, dll.
c.
Tindakan Korektif
- Diperlukan untuk membuat organisasi tetap berada pada jalur tujuan
- Mendorong organisasi berhasil beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berubah.
- Tindakan korektif harus membawa organisasi ke posisi yang lebih baik dengan memanfaatkan kekuatan internal, mengambil keuntungan peluang eksternal utama, mengurangi /menghindari ancaman eksternal, dan memperbaiki kelemahan internal.
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Visi toko buku gramedia sudah sangat baik untuk
dijadikan pedoman bagi tujuan perusahaan. Visi ini pun didukung oleh misi yang
tercantum diatas sehingga dalam perwujudan visi pun mudah untuk diterapkan
dalam realita saat ini. Toko Buku Gramedia pun menerapkan
strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya, seperti jaringan yang luas, tempat
yang luas dan nyaman, kualitas buku yang baik dan lain sebagainya. Akan tetapi
Toko Buku Gramedia juga memiliki kelemahan, ancaman, dan peluang yang dapat
dimanfaatkan menjadi kekuatan.
DAFTAR
PUSTAKA
Solihin, Ismail, 2012, Manajemen Strategik, Bandung, Erlangga
http://marchellapramadhana.blogspot.co.id/2011/10/bauran-pemasaran-dan-analisis-swot.html
diakses pada 1 desember 2015
http://fadhliazhari.blogspot.co.id/2010/03/analisis-manajemen-strategik-pada-pt.html
diakses pada 1 desember 2015
http://ekasallymoreta.blogspot.co.id/2010/05/analisis-bcg-boston-consulting-group.html
diakses pada 1 desember 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar